Teguh Aditya Page

Just another WordPress.com weblog

Kepuasan Anggota

Konsep tentang kepuasan anggota, sebagaimana dikemukakan oleh Feldman dan Arnold (1983:192) adalah “The amount of overall positive affect (of feelings) that individual toward their jobs). Artinya kepuasan anggota merupakan jumlah keseluruhan perasaan positif anggota terhadap pekerjaannya dalam kelompok. Apabila anggota memiliki kepuasan yang tinggi, maka anggota itu secara umum menyukai, menilai tinggi, dan memiliki perasaan postif terhadap pelaksanaan tugasnya dalam kelompok.
Kepuasan berasal dari sikap individu yang menggambarkan semangat yang diwakili oleh perasaan-perasaan individu (Hollander, 1977). Dengan demikian tingkat pengukurannya biasanya menggunakan pendekatan individual.
Hal-hal yang menjadikan keputusan seseorang biasanya bersumber dari berbagai kemungkinan, antara lain,
1.Pendapatan yang diperoleh anggota dari hasil usaha yang dilakukan dalam kelompok.
2.Pekerjaan itu sendiri, yaitu pelaksanaan tugas/kerja yang dilakukan dalam kelompok.
3.Promosi, adalah sesempatan untuk maju dan memungkinkan karir yang diperoleh anggota kelompok
4.Supervisi yang dilakukan oleh ketua kelompok terhadap anggota
5.Kesempatan berinteraksi dengan anggota lain dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok
6.Kondisi kerja, yaitu keadaan tempat dan fasilitas kerja yang tersedia dan menjamin keselamatan kerja.

April 25, 2007 - Posted by | psikologi_perkembangan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: